Pola Asuh Orang Tua Berpengaruh Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Pra Sekolah
Abstract
Latar belakang: Masa kanak-kanak dipandang sebagai periode kritis yang menentukan kualitas masa depan kesehatan, kesejahteraan, pembelajaran dan perilaku. Menurut WHO terdapat 5-10% anak yang mengalami keterlambatan dalam berpikir ada sekitar 1-3% itu anak yang berusia di bawah 5 tahun. Perkembangan kognitif merupakan kemampuan mental seperti belajar, memori, menalar, dan berpikir. Waktu prasekolah sering disebut sebagai waktu emas, jendela kesempatan, atau waktu kritis. Proses perkembangan anak membutuhkan perhatian lebih dari anggota keluarga dan orang dewasa terdekat. Pola asuh mengacu pada kebiasaan orang tua untuk membimbing, mendidik dan membimbing anak- anaknya. Peran orang tua yang baik akan menimbulkan dampak yang baik dalam perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan kognitif pada anak prasekolah. Metode: Penelitian ini menggunakan metode pendekatan cross-sectional. Teknik pengambilan sampel dengan metode total sampling yaitu seluruh populasi siswa dan orang tua sebanyak 102 responden. Analisis data dilakukan menggunakan uji chi-square. Hasil: p-value pada hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan kognitif pada anak prasekolah sebesar 0,000<0,05 terdapat hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan kognitif anak prasekolah. Kesimpulan: Orang tua harus memberikan pola asuh yang baik untuk meningkatkan perkembangan kognitif pada anak prasekolah.
References
Aslan, A. (2019). Peran Pola Asuh Orangtua di Era Digital. Jurnal Studia Insania, 7(1), 20. Https://Doi.Org/10.18592/Jsi.V7i1.2269
Astina, D. W. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Toodler. Jurnal Publikasi, 1–8.
Azizah, N. And Juniawati, V. (2016) ‘Interaksi Sosial Dan Pola Asuhterhadapperkembangan Motorik Kasar Anak Pada Usia 2-4 Tahun’, 13(1). Available At: Https://Ejurnal.Stikesmhk.Ac.Id/Index.Php/Maternal/Article/View/466 (Accessed: 6 March 2024).
Dwiayu Ashari, C. And Utami, N. W. (2017) ‘Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia 3-4 Tahun Di Paud Kecamatan Magelang Selatan’, Nursing News : Jurnal Ilmiah Keperawatan, 2(2). Doi: 10.33366/Nn.V2i2.533.
Ine Rahayu Purnamaningsih, M. (2022) ‘Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Tingkat Kemandirian Secara Fisik Pada Anak Usia 4-6 Tahun Prasekolah Di Tk Gmim Eben Haezar Kaaten’, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(6), Pp. 184–200. Doi: 10.5281/Zenodo.7514497.
Kadrianti, E., & Pajeriaty, P. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Kognitif Anak Kelas 1 Di Sekolah Dasar Negeri Bung Makassar. Nursing Inside Community, 1(1), 22–26. Https://Doi.Org/10.35892/Nic.V1i1.9
Kemenkes. (2019). Indonesia Health Profile 2018. In Profil Kesehatan
Jojon, J., Wahyuni, T. D. And Sulasmini, S. (2017) ‘Hubungan Pola Asuh Over Protective Orang Tua Terhadap Perkembangan Anak Usia Sekolah Di Sdn Tlogomas 1 Kecamatan Lowokwaru Malang’, Nursing News : Jurnal Ilmiah Keperawatan, 2(2). Available At: Https://Publikasi.Unitri.Ac.Id/Index.Php/Fikes/Article/View/498 (Accessed: 6 March 2024).
Mufidah, R. I. (2019). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia Sekolah Di Sd It An Nur Dan Sd It Al Mukminun.
Putri, Yesse S.I. (2022). Hubungan Gizi Dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu An-Nahl Percikan Iman Kecamatan Telanaipura Kota Jambi.