Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Program Studi S1 Keperawatan Non Reguler
Abstract
Latar Belakang: Stres merupakan suatu kondisi yang timbul akibat adanya interkasi dengan lingkungan yang dapat menimbulkan efek bagi sistem tubuh manusia, psikologis dan sosial dari seseorang. Mahasiswa mengalami stres sebagai tuntutan kehidupan akademik yang harus dijalani, termasuk aktivitas diluar akademik diantaranya bersosialisasi dan menyesuaikan diri dengan teman, suku, budaya dan lainnya. Tujuan: Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat stres akademik pada mahasiswa program studi S1 Keperawatan Non Reguler Angkatan 2021/2022 Universitas YATSI Madani. Metode: Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Sampel sebanyak 70 mahasiswa program studi S1 Keperawatan. Analisis yang digunakan Chi Square. Hasil: Hasil penelitian didapatkan sebagian besar berusia >35 tahun (51,4%), berjenis kelamin perempuan (70,0%), status bekerja (98,6%), IPK ≥3 (74,3%), tinggal bersama keluarga (65,7%), motivasi baik (75,7%) dan stres akademik sedang (64.3%). Analisis Continuity Correction dan Fisher's Exact Test didapatkan adanya hubungan jenis kelamin (p-value: 0,011) dan motivasi (pvalue: 0,001) dengan stres akademik. Sedangkan usia, pekerjaan, IPK, status tempat tinggal tidak memiliki hubungan dengan stres akademik (pvalue: >0,05). Kesimpulan: ada hubungan jenis kelamin dan motivasi dengan stres akademik pada Mahasiswa Program Studi S1 Keperawatan Non Reguler Angkatan 2021/2022 Universitas YATSI Madani. Saran: Diharapkan pelayanan keperawatan dapat memfasilitasi dalam upaya peningkatan motivasi mahasiswa dalam menjalankan pendidikan agar stres akademik dapat berkurang.
References
Ambarwati, Rani A.A., Fauzi A., (2018), Ilmu Penyakit Dalam : Infeksi Helicobacter Pylori dan Penyakit Gastro-Duodenal, Edisi IV. FKUI, Jakarta
Astarini, Made Indra Ayu, Yusuf,Ah, Purwaningsih (2017). Relationship Centered Care dengan Metode Preceptorship untuk Menurunkan Stres dan Meningkatkan Perilaku Caring Mahasiswa Profesi Ners. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes. Volume VIII Nomor 4 Oktober 2017. Diunduh dari http://www.googlescholar.com pada tanggal 21 Februari 2018 pukul 14.00 WIB
Black, J.M. & Hawks, J. H .(2014).Keperawatan Medikal Bedah :Manajemen Klinis Untuk Hasil Yang Diharapkan. Ed.8-Buku 1+3.Editor : Ns. Aklia Suslia, SKep, dkk.Singapura : ElsevierDarmawan. 2010. Anatomi Fisiologi Uuntuk Mahasiswa Keperawatan. Ed.3. Jakarta : EGC.
Evanjeli, A. L. (2018). Hubungan Antara Stres, Somatisasi Dan Kebahagiaan. Laporan Peneltian (hal. 1-26). Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada
Govaerst & Gregoire, golla, J.E & Ongori, H. (2018). An assassment of academic stres among undergraduate students. Academic journals, Educational research and review. Vol 4(2), pp.063-067. Diunduh dari http://www.library.unusa.ac.id pada tanggal 21 Februari 2018 pukul 20.00 WIB
Hamzah B., Rahmawati Hamzah (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Stikes Graha Medika. Indonesian Journal for Health Sciences Vol. 4, No. 2, September 2020, Hal. 59-67 ISSN 2549-2721 (Print), ISSN 2549-2748 (Online)
Hantoro Adhi Mulya, Endang Sri Indrawati (2018). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dengan Stres Akademik. Jurnal Empati, April 2016, Volume 5(2), 296-302
Hou, Linping, Liu, Yaozhong. (2016). The Influence of Stresful Life Events of College Students on Subjective WellBeing : The Mediation Effect of the Operational Effectiveness. Open Journal of Sosial Sciences 2016 page 70-76. Diunduh dari http://www.file.scirp.org pada tanggal Desember 2020 pukul 13.00 WIB
Ira Suwartika, Agus Nurdin, Edi Ruhmadi (2020). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stres Akademik Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Soedirman (The Soedirman Journal of Nursing), Volume 9, No.3, Juli 2020
Keliat, B.A, dkk. (2019). Keperawatan Kesehatan Jiwa Komunitas: CMHN (Basic Course). Jakarta: EGC.
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2017). Profil Kesehatan Indonesia 2012. Jakarta : Kemenkes RI.
Kozier,B.,Glenora Erb, Audrey Berman dan Shirlee J.Snyder. (2011). Buku Ajar Fundamental Keperawatan (Alih bahasa : Esty Wahy Sudoyo, et al, 2017).
Legiran. Azis, M., Z., & Bellinawati, N. (2017). Faktor Risiko Stres dan Perbedaannya Pada Mahasiswa Berbagai Angkatan di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, Vol 2, (No 2). Hal 197-198.
Mufadhal Barseli , Ifdil Ifdil2& Nikmarijal Nikmarijal (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan ISSN Cetak: 2337-6740 - ISSN Online: 2337-6880 DOI: https://doi.org/10.29210/119800 http://jurnal.konselingindonesia.com Volume 5 Nomor 3, 2017, Hlm 143-148
Mufadhal Barseli, Riska Ahmad, Ifdil Ifdil (2018). Hubungan Stres Akademik Siswa Dengan Hasil Belajar. Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy (IICET). Volume 4 Nomor 1, April 2018, Hlm 40-47
Nety Mawarda Hatmanti, Yurike Septianingrum (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Stres Akademik Mahasiswa Keperawatan. Program Studi S1 Keperawatan UNUSA nety.mawarda@unusa.ac.id. Naskah Publikasi Keperawatan
Smet, K.G. (2014). Social Support Survei. Journal of Social Science & Medicine : 32 (705-706). Diunduh dari http://www.googlescholar.com pada tanggal 06 Maret 2018 pukul 12.00 WIB Zyga, S (2013). Stres in Nursing Students. Internasional Journal of Caring Science. 6 (1). Diunduh dari http://www.googlescholar.com pada tanggal 01 Desember 2022 pukul 14.00 WIB
Sukaryanto & Puspitasari, Y. P., Abidin, Z., & Sawitri, D. R. (2018). Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Kecemasan Menjelang Ujian Nasional (UN) Pada Siswa Kelas XII Reguler SMA Negeri 1 Surakarta. Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro, 1-17.
Sukoco, A. S. (2018). Tingkatan Stres. Fakultas Psikologi. Jurnal Ilmiah
Syahabuddin. Padmiarso M. Wijoyo, (2018) Cara Mudah Mencegah dan Mengatasi Stres Bogor: Bee Media Pustaka