Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Tingkat Stres Perawat Pada Masa Covid-19 Di Rsu Kabupaten Tangerang
Abstract
Latar belakang : Pandemik covid-19 menyebabkan perawat mengalami stress akibat emosi tidak
stabil sehingga mudah marah, kelelahan, dan khawatir terpapar covid-19. Banyaknya tugas dan
tanggung jawab dapat meningkatkan beban kerja maka diperlukan kecerdasan emosional yang
tinggi untuk menurunkan tingkat stress. Tujuan penelitian : untuk mengetahui adakah hubungan
kecerdasan emosional dengan tingkat stres perawat pada masa covid-19 di RSU Kabupaten
Tangerang. Metode penelitian : menggunakan metode kuantitatif deskriptif korelasi untuk
mengetahui hubungan antara variabel kecerdasan emosional dengan tingkat stres perawat.
Pengambilan teknik sampel menggunakan total sampling dengan jumlah sampel 107 responden.
Hasil Penelitian : teknik analisa yang digunakan adalah Uji Chi-Square pada kecerdasan
emosional dengan tingkat stres perawat didapatkan hasil p-value 0,000 <0,05 dengan pearson
correlation 0,459 yang artinya tingkat hubungan sedang. Kesimpulan : bahwa ada hubungan
kecerdasan emosional dengan tingkat stres perawat pada masa covid-19 di RSU Kabupaten.
Saran : Perawat dapat melakukan manajemen stress, meningkatkan pengetahuan kecerdasan
emosional yang tinggi untuk menurunkan tingkat stres.
Kata kunci: perawat, kecerdasan emosional, stres, covid-19
References
ruang rawat ambun suri rsud dr. achmad mochtar bukittinggi. 8(1), 126–134.
Andewi, N. M. A. Y., Supartha, W. G., & Putra, M. S. (2016). Pengaruh Kecerdasan
Emosional Terhadap Stres Kerja Dan Kepuasan Kerja Pada Karyawan PDAM Tirta
Mangutama Kabupaten Badung. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas
Udayana 5.7, 7, 2231–2260.
Awalia, M. J., Medyati, N., & Giay, Z. (2021). Hubungan Umur Dan Jenis Kelamin
Dengan Stress Kerja Pada Perawat Di Ruang Rawat Inap Rsud Kwaingga
Kabupaten Keerom. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(2), 477–483.
Budiyanto, Ratu, A. J. ., & Umboh, J. M. . (2019). Faktor-Faktor Yang Berhubungan
Dengan Stres Kerja Perawat Pelaksana Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum
Bethesda Gmim Tomohon. Kesmas, 8(3), 1–18.
Caniago, I. N. kartika, Marpaung, W., & Mirza, R. (2020). Stres Kerja Ditinjau dari
Kecerdasan Spiritual
Pada Perawat.
Psycho
Idea, 18(1).
https://doi.org/10.30595/psychoidea.v18i1.5796
Efriana, Yuniar, N., & Kusnan, A. (2020). Determinan Kejadian Stress Kerja pada Nakes
di Tengah Wabah Covid-19 di BLUD RS Kab. Bombana tahun 2020. Jurnal Ilmiah
OBSGIN (Ilmu Kebidanan Dan Kandungan, 13(2).
Gurning, Syam, Y., & Setiawan, B. (2019). Kohesivitas Dan Kecerdasan Emosional
Perawat Terhadap Kinerja Perawat Pelaksana Di RSU Bina Kasih Medan. Journal
of Telenursing (JOTING), 3(2), 440–455.
Novia, A. (2018). Kecerdasan Emosional Pada Perawat Di Rumah Sakit Pusat Angkatan
Darat (RSPAD) Gatot Soebroto. Skripsi.
Nur, S., Ahmad, A., & Vera, A. (2019). Hubungan Tingkat Stres Kerja dengan Kinerja
Perawat di Ruang Instalasi Gawat Darurat RSU Kabupaten Tangerang. Jurnal
JKFT, 4(1), 36–42.
Pasaribu, P. D. L. B., & Ricky, D. P. (2021). Tingkat Stres Perawat Terkait Isu Covid-19.
Jurnal
Penelitian
Perawat
Profesional,
3(2),
287–294.
https://doi.org/10.37287/jppp.v3i2.429
Rewo, K. N., Puspitasari, R., & Winarni, L. M. (2020). Faktor - Fakor Yang
Berhubungan Dengan Stres Kerja Pada Perawat Di Rumah Sakit Mayapada
Tangerang Tahun 2020.
Umamit, R., & Mulyani, S. (2016). Hubungan Antara Kecerdasan Spiritual Sengan Stres
Kerja Pada Perawat Rs Di Klaten. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian
Psikologi, 21(1), 34–46. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol21.iss1.art4