Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Perkembangan Sosial Anak Penyandang Disabilitas Di Slbn Surade Kabupaten Sukabumi

  • Johan Budhiana Prodi Sarjana Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kota Sukabumi
  • Taufik Mu`zizat Nugroho Prodi Sarjana Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kota Sukabumi
  • Rima Novianti Utami Prodi Sarjana Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kota Sukabumi

Abstract

Perkembangan sosial anak dipengaruhi pola asuh orang tua. Hubungan yang baik anak dengan orang
tua akan terjalin rasa kasih sayang, dimana anak akan lebih terbuka dalam melakukan interaksi
karena terjalinnya hubungan baik yang ditunjang oleh komunikasi yang tepat. Tujuan penelitian
adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orangtua dengan perkembangan sosial anak
penyandang disabilitas. Pola asuh merupakan kesuluruhan interaksi, dimana orang tua bermaksud
menstimulasi anaknya dengan mengubah tingkah laku, pengetahuan serta nilai-nilai yang dianggap
paling tepat oleh orang tua, agar anak dapat mandiri, tumbuh dan berkembang secara sehat dan
optimal. Perkembangan sosial adalah tingkat jalinan interaksi anak dengan orang lain, mulai dari
orang tua, saudara, teman bermain, hingga masyarakat secara luas. Jenis penelitian korelasional.
Populasi adalah seluruh orangtua di SLBN Surade Kabupaten Sukabumi dengan sampel 48 orang.
Sampling menggunakan Total Sampling. Analisis data menggunakan uji Chi-Square. Hasil
penelitian menunjukkan sebagian besar responden menilai perkembangan sosial anak adalah tinggi
dan memiliki pola asuh demokratis. Ada hubungan yang siginifikan antara pola asuh dengan
perkembangan sosial (p=002). Simpulan ada hubungan pola asuh orangtua dengan perkembangan
sosial anak Penyandang Disabilitas di SLBN Surade Kabupaten Sukabumi. Diharapkan pihak
Puskesmas Surade dapat mengadakan program pelatihan khusus kepada orang tua mengenai pola
asuh yang baik untuk kebutuhan perkembangan anak penyandang disabilitas.
Kata Kunci : Pola Asuh, Perkembangan Sosial, Penyandang Disabilitas

References

Adawiah, R. (2017). Pola Asuh Orangtua dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak.
Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 33–48.
Assingkily, M. S., & Hardiyati, M. (2019). Analisis perkembangan sosial-emosional
tercapai dan tidak tercapai siswa usia dasar. Journal of Islamic Primary Education,
2(2), 19–31.
Atika, A. N., & Rasyid, H. (2018). Dampak Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap
Keterampilan Sosial Anak. 3833, 111–120.
Ayun, Q. (2017). Pola asuh orang tua dan metode pengasuhan dalam membentuk
kepribadian anak. ThufuLA, 5, 103–121.
Febrianti, R. (2020). Pengaruh pola asuh orangtua terhadap kepercayaan diri anak
berkebutuhan khusus di SLB Panam Mulia. In Uin Suska Riau. Universitas Islam
Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Fitriani, E. N. (2018). Pengaruh Pola Asuh Yang Bekerja Terhadap Perkembangan Sosial
Emosional Anak Usia 4-6 Tahun Di The Influence Of Working Parents Parenting
Toward The Socio. Pendidikan Luar Sekolah, 7(4), 467–479.
Hijriati. (2019). Faktor dan kondisi yang mempengaruhi perkembangan sosial emosional
anak usia dini. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep Dan Teori), V(1991), 94–102.
Ilmiah, W. S., Azizah, F. M., & Amelia, N. S. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua
Dengan Perkembangan Anak Pra Sekolah Di Tk Mentari Desa Sambi Rampak Lor
Kecamatan Kota Anyar Kabupaten Probolinggo. JI-KES (Jurnal Ilmu Kesehatan), 2(2), 61–67. https://doi.org/10.33006/ji-kes.v2i2.116
Muamanah, S. (2018). Pengaruh pola asuh orangtua terhadap perkembangan sosial
emosial anak usai 4-5 tahun di Desa Bandar Abung Kecamatan Surakarta
Kabupaten Lampung Utara. Universitas Islam Negeri Intan Lampung.
Mulqiah, Z., Santi, E., & Lestari, D. R. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dengan
Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah (Usia 3-6 Tahun). Dunia Keperawatan,
5(1), 61. https://doi.org/10.20527/dk.v5i1.3643
Mustikarani, I. K., Chayaningtyas, M. E., & Rakhmawati, N. (2020). Peran Pola Asuh
Orangtua Terhadap Kematangan Sosial Anak Usia Prasekolah (Pendekatan Teori
Bannard). Jurnal Ilmiah Keperawatan, 8(2), 1–11.
Rahmatika, S. N., & Apsari, N. C. (2020). Positive parenting : Peran orangtua dalam
membangun kemandirian anak tugagrahita. Prosiding Penelitian & Pengabdian
Kepada Masyarakat, 7, 329–340.
Ramayanti, A., Hadara, A., & Haq, P. (2016). Perubahan Pola Asuh Anak Pada
Keluarga Petani Tambak. 1(April), 63–70.
Setyowati, Y. D., Krisnatuti, D., & Hastuti, D. (2017). Pengaruh Kesiapan Menjadi Orang
Tua dan Pola Asuh Psikososial Terhadap Perkembangan Sosial Anak. Jurnal Ilmu
Keluarga Dan Konsumen, 10(2), 95–106.
https://doi.org/10.24156/jikk.2017.10.2.95
Syarfaini, Syahrir, S., Jayadi, Y. I., & Musfirah, A. A. (2021). Hubungan tipe pola asuh
dan perilaku makan dengan status gizi anak disabilitas di SLB Negeri 1 Makassar.
Public Health Nutrition Journal, 1(1), 36–49.
Taufikurrahman, Herlina, & Sa’d, K. (2018). Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan
Perkembangan Sosial Emosional Anak TK di TK Dharma Wanita Sakra Kecamatan
Sakra Kabupaten Lombok Timur Tahun 2018. Jurnal Transformasi, 4(September),
83–97. http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/transformasi/article/view/1324
Tunny, R., H, M., & S. EKo. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan
Perkembangan Sosial Anak Pada Usia 1-5 tahun Di Dusun Waimital Kecamatan
Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat tahun 2016. Global Health Science, 3(3),
191–195.
Winarti, W. (2019). Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Orientasi
Pola Asuh Anak Usia Dini. PROCEEDING: The Annual International Conference
on Islamic Education, 4(1), 261–270.
Yusuf, M., & Jurniati. (2018). Pengaruh Pendidikan Bagi Perkembangan Anak Usia Dini.
Jurnal Tunas Cendikia, 1(April), 31–38.
Published
2022-05-31