Respon siswa sekolah dasar terhadap perubahan pembelajaran daring ke luring bagi kesehatan psikososial selama pandemi covid-19

  • Ayu Pratiwi Universitas Yatsi Madani
  • Meily Purnama Sari Universitas Yatsi Madani
  • H.A.Y.G Wibisono Universitas Yatsi Madani

Abstract

Latar Belakang : Coronavirus disease 2019 pertama kali menyebar di kota Wuhan pada bulan Desember 2019, sedangkan di Indonesia pertama kali kasus ini ditemukan pada bulan Maret 2020. Dikarenakan jumlah covid yang semakin menurun sampai 65% , pemerintah dalam Kemendikbudristek Nomor 2 Tahun 2022 memperbolehkan pembelajaran tatap muka (PTM) dilakukan dalam jumlah terbatas, yaitu dilaksanakan sebanyak 50% peserta didik dari kapasitas ruangan yang telah ditetapkan. Desain Penelitian : dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatanfenomenologi transcendental, menggunakan tehnik indept interview atau wawancara mendalam sebanyak 10 partisipan dengan menggunakan tehnik analisa Colaizzi. Hasil Penelitian : didapatkan 4 tema yang telah peneliti konversikan melalui pengolahan data manual dan menganalisa data menggunakan tehnik Colaizzi. Tema yang ditemukan peneliti, diantaranya hambatan Pembelajaran daring, perubahan emosional, manajemen adaptasi dan kemandirian belajar. Kesimpulan :dapat disimpulkan terdapat masalah kesehatan psikososial pada siswa sekolah dasar dikarenakan perubahan dari pembelajaran daring ke luring dimasa pandemi Covid-19. Saran : Kesehatan psikososial pada siswa sekolah dasar sebaiknya harus segera dikonsultasikan kepada orangtua atau guru agar tidak menghambat psikologi dan sosial dari para partisipan.

Kata Kunci : Psikosososial, Siswa Sekolah Dasar, Pembelajaran Daring, Pembelajaran Luring

References

AndraFarm. (2022). Data Vaksin penduduk. vaksin. https://m.andrafarm.com/_andra.php?_i=daftar-co19-dunia&urut=2&asc=01100000000

Biroli, A. (2022). Adaptasi Tatap Muka pada Masa Pandemi Covid-19 di MI Muhammadiyah Pagersari Mungkid Magelang. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 11. https://scholar.google.co.id

Hawari, D. (2016). Manajemen Stres Cemas dan Depresi. fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Kania. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Terhadap Peningkatan Kemampuan Mengemukakan Pendapat. http://jurnal.unsur.ac.id

Kemendikbudr istek. (2022). surat edaran keputusan 4 menteri. Pembelajaran Tatap Muka 100%.

Salima, H. (2019). Analisis Kemandirian Belajar Siswa dalam pembelajaran tematik. https://repository.uinjkt.ac.id

Tirtaraharja, U. dan L. (2017). Buku Panduan Pendidikan.

Published
2023-12-31