Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Keluarga Pasien Di Ruang ICU

  • Nuryatul Hasanah Mahasiswa Keperawatan Universitas Yatsi Madani
  • Muhammad Martono Diel Dosen Keperawatan Universitas Yatsi Madani
  • Inna Mukhaira Dosen Gizi Universitas Yatsi Madani

Abstract

Pelayanan Rumah Sakit saat ini sudah mulai berkembang, Rumah Sakit semakin memiliki kesadaran atas peningkatan pelayanan agar mutu dan kepuasan pasien dapat meningkat. Pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit harus berkualitas dan memenuhi lima dimensi mutu utama yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan keluarga pasien di ruang ICU Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta. Desain penelitian ini deskriptif kuantitatif yang menggunakan desain analisis korelasi dengan pendekatan cross-sectional. Sampel sebanyak 91 responden. Hasil penelitian didapatkan sebagian besar berusia <30 tahun (57,1%), laki-laki (58,2%), Pendidikan menengah (56,0%) bekerja (68,2%) menikah (58,2%), mutu pelayanan keperawatan baik (75,8%) dan kepuasan keluarga kategori puas (72,5%). Ada hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan keluarga pasien di Ruang ICU Rumah Sakit Kanker Dharmais dengan uji korelasi Fisher's Exact Test dengan pvalue: 0,000 (α: <0,05). Diharapkan mendapat meningkatkan mutu pelayanan keperawatan di unit agar kepuasan keluarga meningkat dengan cara memperhatikan demensi kepuasan.

 

Published
2024-05-30