Hubungan Lama Hospitalisasi Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) Di Rumah Sakit

  • ria setia sari sari Universitas Yatsi Madani
  • Raden Roro Dyah Widianingrum Program Studi Sarjana Keperawatan, Universitas Yatsi Madani

Abstract

Hospitalisasi merupakan suatu keadaan dimana anak harus tinggal di rumah sakit baik untuk terencana maupun darurat untuk menjalani terapi dan perawatan hingga pemulangannya kerumah. Hospitalisasi juga menyebabkan anak-anak menjadi cemas, terjadinya cemas  hospitalisasi  pada anak dapat berpengaruh terhadap proses penyembuhan, ini akan berdampak pada lama hari rawat anak yang akan menjadi semakin lama. Sehingga tujuan dari penulisan artikel ini adalah diketahui hubungan lama hospitaliasasi terhadap tingkat kecemasan pada anak usia prasekolah (3-6 tahun) di RS. Desain penelitian ini adalah Cross-Sectional. Sampel sebanyak 58 pasien usia prasekolah (3-6 tahun) di ruang perawatan anak RS An-Nisa Tangerang. Variabel independen penelitian ini lama hospitalisasi dan variabel dependen adalah tingkat kecemasan. Instrumen yang digunakan adalah Depression Anxiety and Stress Scale (DASS). Analisis statistic yang digunakan adalah Spearman’s Rank. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini adalah terdapat  58 responden mengalami lama hospitalisasi <3 hari dan tingkat kecemasan dengan nilai p=0,000 (uji spearman’s rank). Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan lama hospitalisasi dengan tingkat kecemasan pada anak usia praskolah (3-6 tahun). Saran bagi tugas Kesehatan adalah diharapkan untuk meningkatkan pelayanan keperawatan kepada pasien sehingga rerata lama hospitalisasi anak dapat berkurang dari hasil yang selama ini didapatkan di Rumah Sakit.

References

Andas, A. M., Utara, S., & Barat, J. (2022). Hubungan Pengalaman Dan Lama Rawat Dengan Kecemasan Rs Benyamin Galuh Kolaka. Jurnal Surya Medika, 8(3), 6–10.

Aryani, D., & Zaly, N. W. (2021). Pengaruh Terapi Bermain Mewarnai Gambar Terhadap Kecemasan Hospitaslisasi Pada Anak Prasekolah. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 10(1), 101. Https://Doi.Org/10.36565/Jab.V10i1.289

Dwi, R., Prodi, P., Stikes, K., Dharma, W., Tangerang Korespondensi Penulis, H., & Pratiwi, R. D. (2021). Pengaruh Terapi Bermain Ular Tangga Terhadap Kecemasan Pasien Anak Usia Praschool. Journal Of Mother And Child Health Concerns, 1(1), 1–09.

Fatmawati, L., Syaiful, Y., & Ratnawati, D. (2019). Pengaruh Audiovisual Menonton Film Kartun Terhadap Tingkat Kecemasan Saat Prosedur Injeksi Pada Anak Prasekolah. Journal Of Health Sciences, 12(02), 15–29. Https://Doi.Org/10.33086/Jhs.V12i02.996

Febrianita, Agnes. (2020). Pengalaman Keluarga Dalam Hospitalisasi Pada Anak Prasekolah Umur 3-5 Tahun Di Instalasi Rawat Inap Anak Rumah Sakit Islam Siti Khadijah Palembang Tahun 2020. Jurnal Kepetawatan.

Latumeten, P. J. A. (2023). Gambaran Tingkat Kecemasan Anak Pra Sekolah Berdasarkan Frekuensi Hospitalisasi Di Ruang Anak Rumkit Tk Ii . Prof . Dr . J . A Latumeten Ambon An Overview Of The Anxiety Level Of Preschool Children Based On The Frequency. 2(1).

Lestari, D. (2019). Hubungan Lama Hospitalisasi Anak Dengan Tingkat Kecemasan Orang Tua Di Ruamh Sakit Senta Elisabeth Medan. Dk, 53(9), 1689–1699.

Putri, K. (2022). Pengaruh Terapi Bermain Clay Terhadap Penurunan Kecemasanakibat Hospitalisasi Pada Anak Usia Prasekolah Di Ruang Bougenville Rsud Dr. Haryoto Kabupaten Lumajang.

Tamara, L., Taufik, M., & Hasibuan, D. (2023). Pengaruh Terapi Bermain Jenga Terhadap Penurunan Kecemasan Pada Anak Usia Prasekolah ( 4-6 Tahun ) Akibat Hospitalisasi Di Murni Teguh Memorial Hospital. 1(1), 37–42.

Wardani, H., & Kesehatan, T. (2021). Jurnal Ilmu Keperawatan Factors Related To The Level Of Parents ’ Anxiety Toward. 7(2), 60–67.

Winda Hidayati, I., Prima Hanis, D. K., Luh Ade Kusuma Ernawati Program Studi Ilmu Keperawatan, N., Kesehatan Universitas Triatma Mulya Jl Jenderal Sudirman No, F., Jembrana, K., & Jembrana, K. (2023). Hubungan Family Centered Care Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Anak Prasekolah Yang Mengalami Hospitalisasi Di Ruang Cempaka Rsu Negara (The Correlation Between Family Centered Care And Anxiety Levels In Preschool Children With Hospitalization Experience). Hubungan Family Centered Care Terhadap Tingkat Kecemasan ... E-Journal Pustaka Kesehatan, 11(1), 22.

Zaleha, A. (2021). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah Yang Mendapatkan Tindakan Invasif Di Ruang Rawat Inap Rsud Dr. H. Ibnu Sutowo Baturaja Tahun 2021. Nuevos Sistemas De Comunicación E Información, 2013–2015.

Published
2024-05-31