Status Mental Emosional Anak Berdasarkan Pola Asuh Orangtua Di Kampung Kelapa Kabupaten Tangerang

  • Dorsinta Siallagan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banten
  • Reni Nofita Dosen Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banten
  • Chairunnisa Minarni Alamysah Dosen Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banten

Abstract

Parenting patterns affect the mental and emotional status of children. Democratic parenting makes children grow up independently, while children who are raised undemocraticly cause children to tend to be timid, selfish and have no respect for others. Purpose: to determine the relationship between parenting and the emotional mental status of children in Dandang Village, Tangerang Regency.  Method: This research method is descriptive analysis with a cross sectional study design. The research location was conducted in Kelapa Village, Tangerang Regency. The sample in this study was 47 respondents using saturated sampling. Data analysis using chi square. Result: 34 (72.3%) respondents with normal emotional mental status, 32 (68.1%) respondents gave democratic parenting, and the significance value of p value was 0.000 <0.05.Conclusion: here is a significant relationship between parenting patterns and children's emotional mental status with a p value of 0.000. Suggestion: Parents provide good parenting for children’s mental and emotional development, take parenting classes

References

Achmad IF, Latifah L, Husadayanti DN. Hubungan Tipe Pola Asuh Orang Tua Dengan Emotional Quotient (EQ) Pada Anak Usia Prasekolah (3-5 Tahun) Di TK Islam Al-Fattaah Sumampir Purwokerto Utara. Soedirman J Nurs. 2010;5(1):47–57.

Azwar S. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar; 2014

Fitri LN. Hubungan Fungsi Afektif Keluarga dengan Perilaku Temper Tantrum Anak Usia 3-5 Tahun di Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. 2018

Putri DA. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Temperamen Pada Anak Prasekolah 3-6 Tahun Di Tk Aba Ponggol Tamanagung Muntilan. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ’Aisyiyah; 2013.

Pujiharti I, Handayani MR. Hubungan pola asuh orang tua dengan kecerdasan emosional anak prasekolah (3-6 tahun) di raudatul atfal (ra) al muttaqin jati bening baru tahun 2016. 2017;3(1):287–98

Rijal S, Bachtiar S. Hubungan antara sikap, kemandirian belajar, dan gaya belajar dengan hasil belajar kognitif siswa. J Bioedukatika. 2015;3(2).

Sunarty K. Hubungan Pola Asuh Orangtua Dan Kemandirian Anak. J EST. 2016;2(3):152–60.

Susilowati E, Surani E. Hubungan Pola Asuh Dengan Perkembangan Mental Emosional Anak Usia Pra Sekolah Di Kelurahan Gebangsari Kecamatan Genuk Kota Semarang. J Kesmas (Kesehatan Masyarakat) Khatulistiwa. 2020;7(2).

Suwanti I, Suidah H. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Mental Emosional Pada Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun). J Keperawatan. 2016;9(2).

Viandari KD, Susilawati KPA. Peran pola asuh orangtua dan penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak prasekolah. J Psikol Udayana [Internet]. 2019 Apr 27;Vol 6(01). Available from: https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/48628

Published
2023-05-31