Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Cpr Dengan Pelatihan Menggunakan Bantal Cpr Sebagai Media Pada Remaja Pecinta Alam Di Kota Lubuklinggau

  • Sapondra Wijaya Program Studi Keperawatan Lubuklinggau, Poltekkes Kemenkes Palembang
  • Wahyu Dwi Ari Wibowo Program Studi Keperawatan Lubuklinggau, Poltekkes Kemenkes Palembang
  • Susmini Program Studi Keperawatan Lubuklinggau, Poltekkes Kemenkes Palembang
  • Bambang Soewito Program Studi Keperawatan Lubuklinggau, Poltekkes Kemenkes Palembang
  • Abdul Rokhman Program Studi Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Lamongan

Abstract

Henti jantung merupakan berhentinya fungsi jantung secara mendadak dan berakibat kematian jika
tidak segera ditolong dengan CPR. Perlu adanya peningkatan kuantitas dan kualitas bystander CPR
melalui pendidikan dan pelatihan CPR menggunakan media simulasi yang bisa diandalkan, salah
satunya bantal CPR. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan CPR
menggunakan bantal CPR terhadap pengetahuan dan keterampilan remaja pecinta alam. Penelitian
ini menggunakan rancangan quasi-eksperimen dengan pendekatan pre dan post-test. Pelatihan CPR
menggunakan bantal CPR sebagai media simulasi. Sampel diambil dengan tehnik purposive
sampling pada 40 remaja pecinta alam. Pengetahuan CPR diukur dari pengetahuan tentang OHCA
yang diukur menggunakan kuesioner. Keterampilan diukur dari cara subjek melakukan CPR
menggunakan lembar ceklis SOP CPR dari PPNI. Hasil analisa data menggunakan uji t berpasangan
mendapatkan hasil bahwa ada pengaruh yang signifikan dari pelatihan CPR menggunakan Bantal
CPR terhadap pengetahuan (t=-19.891) dan keterampilan (t=-37.749) remaja pecinta alam dengan
nilai p=0,0001. Berdasarkan hasil analisa dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
yang positif terkait pelatihan CPR menggunakan bantal CPR terhadap pengetahuan dan
keterampilan remaja pecinta alam tentang masalah OHCA dan CPR. Hal ini menunjukkan bahwa
bantal CPR efektif untuk digunakan sebagai media simulasi masyarakat dalam usaha meningkatkan
pengetahuan dan keterampilan dalam penatalaksanaan OHCA.
Kata kunci: CPR; BHD; Prehospital; Henti Jantung

References

American Heart Association.
(2021). About Cardiac
Arrest.
https://www.heart.org/en/health-topics/cardiac-arrest/about-cardiac-arrest
Arsyad, A. (2015). Media pembelajaran (A. Rahman (ed.); Edisi Revi). Raja Grafindo
Persada.
Chamdawala, H., Meltzer, J. A., Shankar, V., Elachi, D., Jarzynka, S. M., & Nixon, A. F.
(2021). Cardiopulmonary resuscitation skill training and trial in high school students.
Resuscitation Plus, 5(January), 100079. https://doi.org/10.1016/j.resplu.2021.100079
Chen, M., Wang, Y., Li, X., Hou, L., Wang, Y., Liu, J., & Han, F. (2017). Public
Knowledge and Attitudes towards Bystander Cardiopulmonary Resuscitation in
China. BioMed Research International. https://doi.org/10.1155/2017/3250485
Christianingsih, S., & Santiasari, R. N. (2021). Bystander Cpr Dalam Upaya Kesiapsiagaan
Bencana Pada Siswa Sma. Journals of Ners Community, 12(1), 12–23.
Cortegiani, A., Russotto, V., Montalto, F., Iozzo, P., Meschis, R., Pugliesi, M., Mariano,
D., Benenati, V., Raineri, M., Gregoretti, C., & Giarratano, A. (2017). Use of a RealTime
Training
Software
(
Laerdal
QCPR
®)
Compared
to
Instructor-
Use
of
a
RealTime
Training
Software
(
Laerdal
QCPR
®)
Compared
to
Instructor-Based
Feedback

for
High-Quality
Chest
Compressions
Acquisition
in
Secondary
School
Students :
A.

PLOS
ONE,
January.
https://doi.org/10.1371/journal.pone.0169591
Darwati, L. E., Yulianto, I., & Setianingsih. (2019). Tingkat Pengetahuan dan
Keikutsertaan Pelatihan CPR Perawat dengan Penanganan Dasar Pasien Henti
Jantung berdasarkan Guidelines AHA 2015. Jurnal Gawat Darurat, 1(1), 39–44.
Everett-Thomas, R., Turnbull-horton, V., Valdes, B., Valdes, G. R., Rosen, L. F., &
Birnbach, D. J. (2016). The in fl uence of high fi delity simulation on fi rst responders
retention of CPR knowledge. Applied Nursing Research, 30, 94–97.
https://doi.org/10.1016/j.apnr.2015.11.005
Fabriana, A., Fajarini, Y. I., & Abdullah, A. A. (2018). Pengaruh Pelatihan Resusitasi
Jantung Paru (Rjp) Terhadap Tingkat Pengetahuan Pada Siswa Kelas X Di Sma N 1
Karanganom Klaten. Jurnal Ilmu Keperawatan Komunitas, 1(2), 31.
https://doi.org/10.32584/jikk.v1i2.304
Girianto, P. W. R. (2020). Pemberian Feedback pada Home Learning CPR untuk
Meningkatkan Kemampuan Bystander CPR. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of
Ners and Midwifery), 7(1), 30–36. https://doi.org/10.26699/jnk.v7i1.art.p030-036
Jin, M., Oh, S., Chul, K., Chong, G., Jun, H., & Ho, T. (2013). Influence of nationwide
policy on citizens ’ awareness and willingness to perform bystander cardiopulmonary
resuscitation
ଝ.
Resuscitation,
84(7),
889–894.
https://doi.org/10.1016/j.resuscitation.2013.01.009
Laksono, B. B., Wihastuti, T. A., & Suharsono, T. (2017). Analisis Pengaruh Pelatihan
Resusitasi Jantung Paru Dewasa Terhadap Retensi Pengetahuan Dan Ketrampilan
Resusitasi Jantung Paru Dewasa Pada Mahasiswa S1 Keperawatan Stikes Kendedes
Malang. Jurnal Keperawatan Florence, 1(1).
Liou, F., Lin, K., Chien, C., Hung, W., Lin, Y., & Yang, Y. (2021). The impact of bystander
cardiopulmonary resuscitation on patients with out-of-hospital cardiac arrests.
Journal of
the Chinese Medical Association, 84(12), 1078–1083.
https://doi.org/10.1097/JCMA.0000000000000630>Review
Lu, C., Jin, Y., Shi, X., Ma, W., Wang, Y., Wang, W., & Zhang, Y. (2016). Factors
influencing Chinese university students ’ willingness to performing bystander
cardiopulmonary resuscitation. International Emergency Nursing, 32, 3–8.
https://doi.org/10.1016/j.ienj.2016.04.001
Maulidia, R., & Loura, N. (2019). Hubungan Tingkat Pengetahuan Kognitif Dengan
Kemauan Melakukan Cardiopulmonary Resuscitation (Cpr) Pada Remaja Di Sman
Malang.
Jurnal Kesehatan Mesencephalon,
5(1),
6–13.
https://doi.org/10.36053/mesencephalon.v5i1.95
Nirmalasari, V., & Winarti, W. (2020). Pengaruh Pelatihan (Bhd) Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat. Jurnal Keperawatan Widya
Gantari Indonesia, 4(2), 115. https://doi.org/10.52020/jkwgi.v4i2.1909
Nursalam, & Effendi, F. (2012). Pendidikan Dalam Keperawatan. Salemba Medika.
Potts, J., & Lynch, B. (2006). The American Heart Association CPR Anytime Program
THE POTENTIAL IMPACT OF HIGHLY ACCESSIBLE TRAINING IN
CARDIOPULMONARY RESUSCITATION. Journal of Cardiopulmonary
Rehabilitation, 75231, 346–354.
Puspitasari, J. D., Nurhaeni, N., & Allenidekania, A. (2020). Edukasi Meningkatkan
Pengetahuan dan Sikap Ibu dalam Pencegahan Kejang Demam Berulang. Jurnal
Persatuan Perawat Nasional
Indonesia
(JPPNI), 4(3), 124.
https://doi.org/10.32419/jppni.v4i3.186
Raffee, L. A., Samrah, S. M., Al Yousef, H. N., Abeeleh, M. A., & Alawneh, K. Z. (2017).
Incidence, characteristics, and survival trend of cardiopulmonary resuscitation
following in-hospital compared to out-of-hospital cardiac arrest in Northern Jordan.
Indian Journal of Critical Care Medicine, 21(7), 436–441.
https://doi.org/10.4103/ijccm.IJCCM_15_17
Santoso, T., Hikmah, D. N., & Afrida, M. (2021). Studi Literatur : Pendidikan Kesehatan
Berpengaruh terhadap Tingkat Pengetahuan Bantuan Hidup Dasar ( BHD ). Journal
of Midwifery, Nursing and Health Research, 1(2), 6–13.
Semeraro, F., Pt, P. A., Paula, A., Rn, B., Gouv, G. B., Pt, A. I. M., & Calderaro, M. (2020).
Effectiveness of the 40-Minute Handmade Manikin Program to Teach Hands-on
Cardiopulmonary Resuscitation at School Communities. The American Journal of
Cardiology. https://doi.org/10.1016/j.amjcard.2020.09.032
Shimamoto, T., Kiyohara, K., Matsuyama, T., Kitamura, T., Kiguchi, T., Nishiyama, C.,
Kobayashi, D., Okabayashi, S., Kawamura, T., & Iwami, T. (2020). Impact of
Bystander Cardiopulmonary Resuscitation and Dispatcher Assistance on Survival
After Out-of-Hospital Cardiac Arrest Among Adult Patients by Location of Arrest.
International Heart Journal, 61(1), 46–53. https://doi.org/10.1536/ihj.19-301
Shuk, M., Hung, Y., Chum, M., Chow, M., Tin, T., Chu, W., Pui, P., Nam, W. Y., Long,
V., Chan, K., & Chan, T. H. (2017). College students ’ knowledge and attitudes
toward bystander cardiopulmonary resuscitation : A cross- sectional survey College
students ’ knowledge and attitudes toward bystander cardiopulmonary resuscitation :
A
cross-sectional
survey.
Cogent Medicine,
22(1).
https://doi.org/10.1080/2331205X.2017.1334408
Syahidah, Wahid, A., & Rizany, I. (2020). Improving CPR Skill Through the Use of two
Exciting Learning Methods. Proceedings of the First National Seminar Universitas
Sari Mulia, 11–15. https://doi.org/10.4108/eai.23-11-2019.2298362
Tivener, K. A., & Gloe, D. S. (2015). The Effect of High-Fidelity Cardiopulmonary
Resuscitation ( CPR ) Simulation on Athletic Training Student Knowledge ,
Confidence , Emotions , and Experiences The Effect of High-Fidelity
Cardiopulmonary Resuscitation ( CPR ) Simulation on Athletic Training. Athletic
Training Education Journal, 10(2), 103–112. https://doi.org/10.4085/1002103
Uber, A., Sadler, R. C., Chassee, T., & Reynolds, J. C. (2017). Bystander Cardiopulmonary Resuscitation Is Clustered and Associated With Neighborhood Socioeconomic
Characteristics : A Geospatial Analysis of Kent County , Michigan. Academic
Emergency Medicine: A Global Journal of Emergency Care, 24(8).
https://doi.org/10.1111/acem.13222
Yunanto, R. A., Wihastuti, T. A., & Rachmawati, S. D. (2017). PERBANDINGAN
PELATIHAN RJP DENGAN MOBILE APPLICATION DAN SIMULASI
TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN MELAKUKAN RJP.
NurseLine Journal, 2(2).
Yunus, P., & Damanasyah, H. (2017). Pengaruh Simulasi Tindakan Resusitasi Jantung
Paru (Rjp) Terhadap Tingkat Motivasi Siswa Menolong Korban Henti Jantung Di
Sma Negeri 1 Telaga. Jurnal Ilmu Kesehatan, 5(1).
Published
2022-12-31