Hubungan Antara Parenting Style, Tingkat Pengetahuan Orangtua Tentang Pendidikan Seksual (Underwear Rules) Dengan Pencegahan Child Sexual Abuse Di Perum Wisma Mas 2 Rt.12 Pasar Kemis
Abstract
Latar belakang Kekerasan seksual merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada anak.
Pola asuh orang tua sangat penting untuk mencegah terjadinya kejahatan seksual terhadap anak.
The Council of Europe memperkenalkan salah satu program Underwear Rule yang merupakan
suatu pedoman simpel untuk menunjang orang tua dalam menarangkan kepada anak tentang
orang lain yang tidak boleh memegang bagian badan mereka yang ditutup underwear. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara parenting style dan tingkat pengetahuan orang
tua dengan pendidikan seksual (underwear rules) dapat mencegah child sexual abuse. Metode
penelitian dengan study kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah orangtua yang memiliki
anak usia (0-18) tahun di wisma mas 2 rt. 12 sebanyak 143 responden. Teknik pengambilan
sampel dengan probability sampling yaitu cluster sampling. Hasil penelitian analisa data yang
digunakan adalah analisa univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi square dan
correlation rank spearman di dapat adanya hubungan antara parenting style dengan pencegahan
child sexual abuse, terbukti dari hasil uji statistic p value 0,000 dengan r 0,310 artinya terdapat
hubungan keeratan yang rendah. Kemudian ada hubungan antara tingkat pengetahuan orangtua
tentang pendidikan seksual (underwear rules) dengan pencegahan child sexual abuse, p value
0,000 dengan r 0,147 artinya terdapat hubungan keeratan yang sangat rendah.
Kata kunci: Orangtua, Parenting Style, Tingkat Pengetahuan Tentang (Underwear Rules),
Pencegahan Child Sexual Abuse.
References
PENGETAHUAN PELAJAR MENGENAI HOAX (Studi Pada Program
Diseminasi Informasi Melalui Media Jukrak Di SMKN 1 Pangandaran).
CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 6(1), 120. https://doi.org/10.12928/channel.v6i1.10217
Aidah, siti nur. (2020). Tips Menjadi Orang Tua Inspirasi masa Kini. KMB
INDONESIA.
Al. tridhonanto. (2014). MENGEMBANGKAN POLA ASUH DEMOKRATIS. pt. elex media
komputindo.
Ambarwati, K. (2018). Efektivitas Booklet Sebagai Media Promosi Terhadap Peningkatan
Pengetahuan Tentang Kekerasan Seksual Pada Anak. Universitas Muhammadiyah
Pontianak.
Amin, H., Gadafi, M., & Hos, J. (2018). Perlindungan Anak Dari Ancaman Kekerasan Seksual
( Sebuah Tinjauan Berdasarkan Nilai-Nilai Islam ). Al Munzir, 11(1), 59–
74.
Anggreani, D., Fujiana, F., & Hafizah, R. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua
Dengan
Kejadian Kekerasan Seksual Oleh Remaja Di Lapas Anak Pontianak. Jurnal Prones, 4(1), 4–5.
https://bit.ly/3nM6Sk6
Ar-rasily, O. K., & Dewi, P. K. (2016). FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI
TINGKAT. 5(4), 1422–1433.
Dewi, A. K. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perilaku Kekerasan pada Anak
Usia Sekolah di Dusun Kwarasan Gamping Sleman Yogyakarta. Skripsi.
http://digilib.unisayogya.ac.id/2016/
Donsu, J. D. T.
(2016). METODOLOGI PENELITIAN KEPERAWATAN.
PUSTAKABARUPRESS.
Fisnawati, S. (2014). HUBUNGAN PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG KESEHATAN
SEKSUAL PADA ANAK USIA 7-12 TAHUN DENGAN SIKAP
ORANG TUA DALAM
PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL. 1.
Kelrey, D. setya rahmah. (2015). Hubungan karakteristik orangtua dengan pengetahuan
orangtua tentang pencegahan kekerasan seksual pada anak usia prasekolah (3-5
tahun) di kelurahan grogol selatan kebayoran lama jakarta selatan.
Krisnani, H., & Kessik, G. (2020). Analisis Kekerasan Seksual Pada Anak dan Intervensinya
oleh Pekerjaan Sosial (Studi Kasus Kekerasan Seksual oleh Keluarga di Lampung). Focus :
Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 198. https://doi.org/10.24198/focus.v2i2.26245
Ligina, N. L., Mardhiyah, A., & Nurhidayah, I. (2018). PERAN ORANG TUA DALAM
PENCEGAHAN K). Kekerasan Seksual Pada Anak Di Kabupaten Karawang.
Midwife Journal, 4(02), 56–65. http://jurnal.ibijabar.org/kekerasan- seksual-pada-anak-dikabupate
EKERASAN
SEKSUAL
PADA
ANAK
SEKOLAH
DASAR
DI
KOTA BANDUNG The Role of Parents in Preventing Sexual Violence on Elementary School Children in Bandung. 9,
109–118.
Maknun, L. (2017). in the Care of Parents Who Are Experiencing Stress . 3(1), 68.
Mutmainnah, H. (2018). Hubungan pengetahuan orang tua terhadap pencegahan pelecehan seksual
pada anak. Jikp©Jurnal Ilmiah Kesehatan Pencerah, 7, 64–68.
Ningsih, E. S. B., & Hennyati, S. (2018n-karawang/
Notoadmodjo S. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan. Edisi Revisi. PT. Rineka Cipta, hal 27-
28.
Nurbaya, S. (2019). Pengaruh Penerapan Pendidikan Seks ( Underwear Rules ) Terhadap
Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak. 13, 691–696.
Ovan. (2020). CAMI aplikasi uji validitas dan reabilitas instrumen penelitian berbasis web
(
ansari saleh ahmar (ed.)). Yayasan Ahmar Cendikia Indonesia.
Paramastri, I. (2015). Early Prevention Toward Sexual Abuse on Children. Jurnal
Psikologi, 37(1), 1 – 12–12. https://doi.org/10.22146/jpsi.7688 Pendidikan, P., &
Di, S. (n.d.). Issn : 2580 – 4197. 1–12.
PENDIDIKAN SEKS UNTUK ANAK USIADINI ( Studi Kasus di TK Bina Anaprasa Melati
Jakarta Pusat ) SOLIHIN, MPD . (n.d.). 1, 56–74.
Primus, D. (2019). Pola Asuh Orang Tua Dengan Menggunakan Kekerasan Terhadap Anak
Dalam Keluarga Di Manggarai, Ntt. Prosiding Seminar Nasional & Call
Paper, April,
167–173.
Purnamasari, D. A., & Herfanda, E. (2019). Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua Dengan
Pengetahuan Tentang Kekerasan Seksual Pada Anak Usia Prasekolah Di
Tk
Aisyiyah
Khadijah Bangunjiwo Timur Kasihan Bantul. Jurnal Kesehatan
Prima, 13(1), 68.
https://doi.org/10.32807/jkp.v13i1.217
Pusdatin.kemkes.go.id. (2017). Kekerasan-terhadap-anak.pdf.
Puspitawati, herien dkk. (2019). pembelajaran pendidikan keluarga responsif gender (cetakan
1,). PT. Penerbit IPB Press.
Ra, K. A., & Iman, A. L. (2017). sebesar 1,087 < t. 140–157.
Rahmadhania, rani nur. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang tua dengan Perilaku
Pencegahan Kekerasan Seksual. 1(3), 1571–1575.
Rahmawati, S. W., Jagakarsa, U. T., Abidin, Z., & Padjadjaran, U. (2018). Parenting dan
Pencegahan Kekerasan di Sekolah. June 2014.
Rodriguez, C. M. (2018). Parent-child aggression: Association with child abuse potential and
parenting styles. Violence and Victims, 25(6), 728–741.
https://doi.org/10.1891/0886-
6708.25.6.728
Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan
Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157– 170.
https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206
Setiani, F. T., Handayani, S., & Warsiti. (2017). Studi Fenomenologi Faktor Faktor Yang
Mempengaruhi Terjadinya. Jurnal PPKM II, 122–128.
Sosial, D. K., Ilmu, F., & Politik, I. (2019). DI KELUARGA Program Studi Kesejahteraan
Sosial , Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik , Universitas. 10–
20.
Sugiyono. (2018). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D.
ALFABETA, cv.
Syaharuddin, D. (2020). STATISTIKA DASAR: Menggunakan Ms. Excell & SPSS. CV. Pena
Persada.
Tamara, S. V., & Feriani, P. (2020). Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Tentang
Pendidikan Seksual pada Anak Usia Dini dengan Perilaku Pencegahan
Kekerasan Seksual pada Anak di Tk Al Jawahir Samarinda. 1(3), 1542–1546.
Tyas, A. S., & Sumargi, A. M. (2019). Gaya Pengasuhan Orangtua Dengan Perilaku
Bermasalah Pada Anak Taman Kanak-Kanak (Tk). Experientia: Jurnal Psikologi
Indonesia, 7(1), 11–18. https://doi.org/10.33508/exp.v7i1.2118
Wahyuni, siti. (2017). Hubungan Karakteristik Orangtua Dengan Pengetahuan Tentang
Pencegahan Tindak Kekerasan Seksual Pada Anak Usia 3-5 Tahun Di Kb
‘Aisyiyah Rejodani Sariharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta. 1–13.
http://digilib.unisayogya.ac.id/2977/
Widya, R. (2020). HOLISTIK PARENTING: pengasuhan dan karakter anak dalam islam (M.
Lubis (Ed.)). EDU PUBLISHER.
Wong, Donna L. (2012). Buku Ajar Keperawatan Pediatric Wong (6.Ed). Jakarta: EGC.