Pengaruh Teknlogi Pembelajaran Daring Dan Luring Terhadap Kesehatan Mahasiswa Keperawatan Selama Pandemi Covid-19

  • Ayu Pratiwi Universitas Yatsi Madani
  • Nurul Siti Khodijah Universitas Yatsi Madani
  • H.A.Y.G Wibisono Universitas Yatsi Madani

Abstract

Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization, 2019), mengatakan jika 1 milyar orang di dunia hidup dengan kendala mental. Situasi pandemi covid-19 di saat sekarang, membentuk ulasan menarik mengenai perdebatan kesehatan mental. Dalam pembelajaran daring sangat berdampak bagi kesehatan mental mahasiswa baru maupun mahasiswa lama, paling utama bagi mahasiswa yang berpartisipasi dalam organisasi. Desain penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan penelitian fenomenologi, penelitian ini menggunakan tehnik wawancara sebagai alat pengumpulan data. Adapun anilisa data penggunakan tehnik Colaizzi, cara pengambilan sampel dalam penelitian ini, ialah memakai teknik pengambilan sampel purposif. Hasil penelitian ini didapat 10 partisipan dan ditemukan tiga tema, diantaranya: Masalah kesehatan mental, dampak pembelajaran daring, dan hambatan teknologi. Dapat disimpulkan bahwa terdapat adanya pengaruh teknologi terhadap kesehatan mental selama pembelajran daring dan luring pada mahasiswa keperawatan selama pandemi covid-19. Sebaikanya kesehatan mental para mahasiswa dapat di dekteksi secara dini agar tidak mengganggu pembelajaran.

References

Amaliah, L., & Rufaedah, A. A. (2021). Penggunaan Teknologi Pembelajaran Kuliah Daring Terhadap Sikap Mental Mahasiswa Dan Dosen Di Era Covid-19. PREPOTIF : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(2), 1317–1326. https://doi.org/10.31004/prepotif.v5i2.2575

Belawati, T. (2020). Buku pembelajaran online. In Universitas Terbuka (Issue January).

Kemdikbud. (2019). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19

Kemdikbud. (2022). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/02/terbitkan-surat-edaran-kemendikbudristek-setujui-ptm-terbatas-50-persen-di-wilayah-ppkm-level-2

Nanda, K. &. (2018). Social Media in Higher Education. International Journal of Information and Communication.

Rochimah. (2020). Dampak Kuliah Daring Terhadap Kesehatan Mental Mahasiswa Ditinjau Dari Aspek Psikologi. PsyArXiv Preprints, 7. https://psyarxiv.com/s5m9r/

Rozali, Y. A., Sitasari, N. W., & Lenggogeni, A. (2021). Meningkatkan Kesehatan Mental Di Masa Pandemic. Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas, 7(2). https://doi.org/10.47007/abd.v7i2.3958

Watnaya, A. kusnayat, Muiz, M. hifzul, Nani Sumarni, Mansyur, A. salim, & Zaqiah, Q. yulianti. (2020). Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online Di Era Covid-19 Dan Dampaknya Terhadap Mental Mahasiswa. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 153–165. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1987

Published
2023-05-31