Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien Dalam Pemenuhan Kebutuhan Personal Hygiene Di Rumah Sakit Kanker Dharmais Tahun 2022

caring perawat dengan kepuasan pasien

  • Abdillah Kurnia Palupi Universitas Yatsi Madani
  • Yuni Susilowati Universitas Yatsi Madani
  • Muhammad Martono Diel Universitas Yatsi Madani

Abstract

Personal hygiene merupakan kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi, apabila pasien merasa tidak terpuaskan menunjukkan bahwa perawat mengabaikan personal hygiene pasien dan hal tersebut dapat berpengaruh pada peningkatan kesehatan pasien. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien terhadap pemenuhan kebutuhan personal hygiene. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasional dengan pendekatan studi cross sectional dengan sampel penelitian sebanyak 112 responden diambil dengan teknik simple random sampling. Hasil: Hasil analisis univariat menunjukkan pasien di Rumah Sakit Kanker Dharmais sebagian besar menganggap perilaku caring perawat sudah baik (70,5%) dan sebagian besar merasa puas terhadap pemenuhan kebutuhan personal hygiene yang dilakukan perawat (60,7%). Hasil analisis bivariat menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara perilaku caring perawat dengan kepuasan pemenuhan kebutuhan personal hygiene pada pasien di Rumah Sakit Kanker Dharmais Tahun 2022 (p value: 0,000). Kesimpulan: Dalam upaya meningkatkan mutu asuhan keperawatan, khususnya dalam pemenuhan kebutuhan dasar manusia seperti pemenuhan kebutuhan personal hygiene, agar dilakukan sesuai SOP dengan memperhatikan perilaku dan sikap caring agar dapat menimbulkan kepuasan pada pasien.

References

Agianto, A., Noor, S., & Maria, I. (2016). The Relationship Between Caring, Comfort, and Patient Satisfaction in the Emergency Room, Ratu Zalecha Hospital, South Kalimantan, Indonesia. Belitung Nursing Journal, 2(6), 156–163. https://doi.org/10.33546/bnj.39.

Agustina (2019). Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas Iii DI RSUD A. W. Sjahranie Samarinda. Skripsi. Politeknik Kesehatan Kalimantan Timur.

Asmadi (2018). Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia. Jakarta: Salemba Medika .

Asthiningsih & Wijayanti, T. (2019). Edukasi Personal Hygiene Pada. Anak Usia Dini Dengan G3CTPS. Jurnal Pesut: Pengabdian Untuk Kesejahteraan Umat, 1(2). https://Journals.Umkt.Ac.Id/Index.Php/Pesut/Article/View/285.

Azwar, A. (2013). Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Darmadi. (2018). Infeksi Nosokomial Problematika dan Pengendaliannya. Jakarta: Salemba Medika.

Dwidiyanti, M. (2017)). Caring Kunci Sukses Perawat/Ners Mengamalkan Ilmu. Semarang: Hasani.

Dwinarta, M. (2017). Perbedaan Perilaku Caring Mahasiswa Keperawatan Reguler dan Mahasiswa Ekstensi Tingkat Akhir FIK UI. Skripsi. Universitas Indonesia.

Fitriani (2020). Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien Dalam Pemenuhan Kebutuhan Personal Hygiene Ruang Rawat Inap di Rumah Sakit Islam A. Yani Surabaya. Abstrak Penelitian.

Fajriah, N. (2019). Hubungan Pelaksanaan Personal Hygiene Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Immobilisasi di Ruang Penyakit Dalam dr. Adjidarmo Rangkasbitung Tahun 2019. Skripsi. Universitas Faletehan.

Gerson, R. F (2014). Mengukur Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PPM.

Haryati (2017). Tirah Baring Tetap Perlu Gerak. http://proquest.umi.com/pqdweb?did=1137831871&sid=17&Fmt=3&clientId=63928&RQT=309&VName=PQD.

Hastono, S. P. (2016). Analisis Data Pada Bidang Kesehatan. PT Raja Grafindo Persada.

Hayat. (2020). Hubungan Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Rumah Harapan Bunda Kota Batam. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah 5 (1).

Hidayat. (2016). Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia: Aplikasi Konsep dan Proses Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Hurulean (2019). Faktor Organisasi Yang Berhubungan Dengan Perilaku Caring Perawat di RSUD. Labuang Baji Makassa. Skripsi. STIKes Panakkukang Sulawesi.

Kusmiran, E. (2015). Soft Skill Caring dalam Pelayanan Keperawatan. Jakarta: Trans Info Media.

Kotler, P. (2013). Manejemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Control. Jakarta: Prenhallindo.

LAKIP RS Dharmais. (2021). Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Tahun 2021. RS Kanker Dharmais.

Lusa (2017). A Scale For Evaluating Employee Satisfaction With Nursing Care. Dikutip: http://proquest.umi.com/pqdweb?did=1137831871&sid=17&Fmt=3&clientId=63928&RQT=309&VName=PQD.

Marajabessy (2018). The Dimensionality Of Consumption Emotion Patterns And Consumer Satisfaction. Dikutip dari http://proquest.umi.com/pqdweb?did=576212&sid=5&Fmt=2&clientId=63928&RQT=309&VName=PQD.

Maay, J. K. R. (2019). The Relationship Between Nurse Caring Behavior and Patient Satisfaction Level at Inpatient Wards of Bayangkara Hospital Jayapura. Indian Journal of Public Health Research & Development, 8(4).

Muninjaya. (2014). Manajemen Kesehatan, Edisi 2. Jakarta: EGC.

Murwani. (2018). Ketrampilan Dasar Praktik Klinik Keperawatan. Yogyakarta: Fitramaya.

Notoatmodjo. (2017). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Nursalam. (2016). Manejemen Keperawatan: Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba.

Fajriah (2018). Hubungan Pelaksanaan Personal Hygiene Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Immobilisasi di Ruang Penyakit Dalam RSUD Dr. Adjidarmo Rangkasbitung Tahun 2017. Skripsi. STIKes Faletehan.

Pohan. (2017). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan: Dasar-Dasar Pengertian dan Penerapan. Jakarta: EGC.

Potter & Perry (2015). Buku Ajar Fundamental Keperawatan:Konsep, Proses dan Praktik. Jakarta: EGC.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kuyalitatif, dan R&D. Alfabeta.

Supranto, J. (2018). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pasien Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryawati. (2016). Pendekatan Promosi Produk. Jakarta: Ar-Rahma.

Suweko. H & Warsito, E.W. (2019). Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien Diruang Rawat Inap : Literatur Review. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan Vol. 10 No. 1.

Tarwoto & Wartonah. (2015). Kebutuhan Dasar Manusia dan Proses Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Utami, V. (2019). Hubungan Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien. Jurnal Keperawatan ITS PKU Muhammadiyah Surakarta.

Watson, J. (2017). Theory of Human Caring. Danish Clinical Nursing Journal. Available from www.uchsc.edu/nursing/carin

Yulika, N. (2020). Analisis Pelaksanaan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Nosokomial di Ruang Icu Rsud dr. Rasidin Padang Tahun 2020. Skripsi. Padang: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas.

Published
2023-12-31