Analisa Pengaruh Harga Produk, Kualitas Produk Dan Citra Merk Terhadap Niat Pembelian Kembali
Abstract
PT Sanggar Sarana Baja adalah perusahaan manufacturing yang merupakan anak perusahaan PT Tiara Marga Trakindo dan member of ABM Investama Tbk. Perusahaan ini menyediakan produk untuk kebutuhan pertambangan. Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, lesunya harga batubara membuat menurunnya pemesanan dari pelanggan. Menurunnya pemesanan produk dari pelanggan bukan semata-mata karena menurunnya harga batubara, tetapi ada beberapa hal yang mempengaruhi seperti harga, kualitas dan citra merek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan secara parsial dan simultan antara Harga Kualitas dan Citra Merek terhadap Niat Pembelian Kembali Di PT Sanggar Sarana Baja. Penelitian ini juga untuk mengetahui variabel mana yang paling berpengaruh terhadap Niat Pembelian Kembali. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif deksriptif. Populasi berasal dari konsumen yang melakukan pembelian produk PT Sanggar Sarana Baja di seluruh pertambangan Indonesia, seperti Aceh, Medan, Jambi, Kalimantan, Sulawesi dan Irian Jaya dengan jumlah kurang lebih 300 orang. Dengan mengambil sampel n=N/(1+Ne²) =75 orang responden, yang dipilih dari masing-masing perusahaan (konsumen) 3 sampai 5 orang. Teknik pengambilan data menggunakan angket dengan pilihan 5 alteratif jawaban. Berdasarkan pengolahan data hasil kuesioner dengan menggunakan SPSS 23, didapat kesimpulan bahwa harga, kualitas dan citra merek mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap niat pembelian kembali produk PT. Sanggar Sarana Baja. Akan tetapi, dari ketiga variable bebas ini yang mempunyai pengaruh paling kecil adalah harga. Dapat disimpulkan bahwa konsumen tidak mempermasalahkan harga asal kualitas dan merek produk PT Sanggar Sarana Baja terjaga.