Pentingnya Karakteristik Dalam Membentuk Jiwa Entrepreneurship Pada Siswa Di SMA MKGR Tangerang

  • Ela Nurlaela Universitas Yatsi Madani
  • Selvy Afrioza Universitas Yatsi Madani
  • Ikhsan Kamil Universitas Yatsi Madani
  • Novelia Shaliha Universitas Yatsi Madani
  • Alya Fitria Sari Universitas Yatsi Madani
Keywords: Karakteristik, Kewirausahaan, Siswa SMK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik individu terhadap pembentukan jiwa entrepreneurship pada siswa SMA MKGR Sepatan. Melalui pendekatan kuantitatif deskriptif, penelitian ini menggunakan survei pre-test dan post-test terhadap 67 siswa, dengan instrumen berupa kuesioner karakteristik kewirausahaan. Hasil analisis ANOVA menunjukkan bahwa karakteristik seperti optimisme, kreativitas, keberanian mengambil risiko, dan motivasi pribadi secara signifikan mempengaruhi jiwa kewirausahaan siswa. Setelah intervensi berupa penyuluhan dan pelatihan, terdapat peningkatan signifikan pada nilai F dari 60.879 menjadi 129.091, menandakan keberhasilan program dalam memperkuat keterkaitan antara karakteristik dan entrepreneurship. Penelitian ini menegaskan pentingnya pendidikan karakter dalam menumbuhkan semangat kewirausahaan sejak usia sekolah.

 This study aims to analyze the influence of individual characteristics on the development of entrepreneurial spirit among students at SMA MKGR Sepatan. Using a descriptive quantitative approach, the research employed pre-test and post-test surveys involving 67 students, with questionnaires focused on entrepreneurial traits. ANOVA analysis results indicate that characteristics such as optimism, creativity, risk-taking ability, and personal motivation significantly impact students' entrepreneurial mindset. After an intervention involving counseling and training sessions, the F-value increased from 60.879 to 129.091, indicating a stronger relationship between personal traits and entrepreneurship. This finding highlights the effectiveness of character-based education in fostering entrepreneurial potential among students from an early age.

Published
2024-07-31