Analisis Kualitatif Terhadap Efektivitas Tugas Mandiri Yang Direkam Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Pada Mata Kuliah Metode Numerik
Abstract
Tugas mandiri yang direkam menjadi metode inovatif dalam meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa dalam mata kuliah Metode Numerik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas tugas mandiri yang direkam dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keyakinan diri mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan numerik. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan teknik wawancara mendalam dan analisis reflektif terhadap rekaman tugas yang dikumpulkan dari 50 mahasiswa Ilmu Komputer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang merekam tugas mandiri menunjukkan peningkatan kepercayaan diri sebesar 65% dibandingkan dengan mahasiswa yang tidak melakukan perekaman. Faktor utama yang berkontribusi dalam peningkatan ini adalah kemampuan untuk merefleksi kesalahan, mengembangkan pemahaman yang lebih baik terhadap konsep numerik, serta mendapatkan umpan balik lebih baik dari dosen. Dengan demikian, penelitian ini menggarisbawahi pentingnya penerapan tugas mandiri yang direkam sebagai strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kepercayaan diri dan pemahaman mahasiswa dalam mata kuliah Metode Numerik.