Pengaruh Interaksi Mahasiswa Dan Fasilitator Selama Pembelajaran Praktik Dalam Mata Kuliah Dasar-Dasar Pemrograman

  • Ihsan Maulana Universitas Yatsi Madani
  • Haliem Sunata Program Studi Ilmu Komputer, Universitas Yatsi Madani
Keywords: Pemrograman Dasar, Pendekatan Interaksi, Praktik Pemrograman

Abstract

Interaksi antara mahasiswa dan fasilitator dalam pembelajaran praktik pemrograman dasar memiliki peran penting dalam membentuk pemahaman konsep dan keterampilan teknis mahasiswa. Namun, beberapa mahasiswa sering mengalami kesulitan dalam memahami konsep dasar pemrograman, seperti variabel, loop, dan debugging, yang menghambat proses pembelajaran mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh interaksi mahasiswa dan fasilitator terhadap pemahaman, motivasi, dan kemampuan problem-solving mahasiswa dalam mata kuliah dasar-dasar pemrograman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi kelas dan wawancara mendalam terhadap mahasiswa dan fasilitator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi aktif antara fasilitator dan mahasiswa, terutama melalui dukungan personal, feedback langsung, dan diskusi kolaboratif, secara signifikan meningkatkan motivasi dan pemahaman mahasiswa terhadap konsep pemrograman dasar. Selain itu, mahasiswa yang mendapatkan feedback langsung dari fasilitator lebih cepat dalam mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan coding, serta lebih percaya diri dalam menyelesaikan tugas pemrograman. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa interaksi yang efektif antara mahasiswa dan fasilitator dapat membantu mahasiswa mengatasi hambatan dalam pembelajaran pemrograman, memperkuat keterampilan teknis, serta meningkatkan motivasi dan keterlibatan aktif dalam proses belajar. Rekomendasi dari penelitian ini adalah agar fasilitator mengadopsi pendekatan interaksi yang lebih personal dan responsif terhadap kebutuhan individual mahasiswa dalam sesi praktik pemrograman

Published
2024-09-30