Strategi Pengembangan Kewirausahaan Santri Pada Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadiin Tigaraksa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuain strategi pengembangan kewirausahaan santri pada Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadiin Tigaraksa. Penelitian ini dirancang penelitian jenis deskriptif kualitatif studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadiin, Pasirnangka Tigaraksa, Tangerang Provinsi Banten. Informan penelitian ini adalah pimpinan pondok pesantren, kepala bagian humas dan Kerjasama pesantren , pengurus pesantren, dewan assatidz , orang tua santri dan masyarakat sekitar. Instrumen penelitian peneliti, pedoman wawancara, dan pedoman observasi. Analisis data meliputi reduksi dan penyajian data serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil observasi yang di lakukan terdapat beberapa point penting dalam strategi pengembangan kewirausahaan santri pada Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadiin Tigaraksa. Di antaranya Pengenalan Kewirausahaan di Pondok Pesantren, Model Pembelajaran Kewirausahaan di Pondok Pesantren, Tantangan dalam Pengembangan Kewirausahaan Santri, Strategi Pemasaran Produk Kewirausahaan Santri dan Dampak Kewirausahaan terhadap Pemberdayaan Ekonomi Santri.
Kata kunci: Pengambangan, Kewirausahaan, Santri, Pondok Pesantren