PENGARUH KONSEP DIRI BELAJAR BAHASA INGGRIS TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS PADA SISWA/I DI MA AL-ISTIQOMAH

  • Retno Purwani Dosen Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yatsi
  • Faradila Hafid STIKes Yatsi Tangerang

Abstract

Konsep diri merupakan skema diri, yaitu pengetahuan tentang diri yang mempengaruhi cara seseorang mengolah informasi dan mengambil tindakan. Konsep diri terbentuk melalui bagaimana orang lain menilai diri kita dan bagaimana diri kita menilai diri kita sendiri. Kemampuan atau keterampilan berbahasa adalah kemampuan berkomunikasi secara lisan dan tulis dengan khazanah kosakata yang cukup dan tatabahasa yang baik dan benar. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh konsep diri belajar bahasa inggris terhadap kemampuan berbahasa inggris pada siswa dan siswi di MA Al-Istoqomah Kabupaten Tangerang. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan quasy eksperimental dengan disain penelitian one group pretest-posttest design menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi adalah siswa dan siswi sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan total sampling. Penelitian ini menggunakan uji t-test paired samples test, dengan hasil p-value 0,014 <0,05 (konsep diri belajar bahasa inggris), p-value 0,000<0,05 (kemampuan berbahasa inggris). Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh pemberian penyuluhan materi (edukasi) konsep belajar bahasa inggris terhadap kemampuan berbahasa inggris pada siswa dan siswi di MA Al-Istiqomah Kabupaten Tangerang.

References

Aprillia. (2019). Pengaruh Persepsi Siswa Dan Kepercayaan Diri Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris. Jurnal Manajemen. Vol. 3 No. 1.
Azizah. (2016). Perbedaan Antara Tipe Kepribadian ekstrovert Dan Introvert Dengat Tingkat Stres Pada Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta : Surakarta.
Dwi, N. (2018). Pengaruh konsep Diri dan Kontrol Diri dengan Perilaku Konsumtif terhadap Gadget Remaja SMAN 1 Tanah Grogot. Jurnal Psikologi.
Dwita & Vita. (2017). hubungan Antara Prestasi Mahasiswa Dan Kemampuan Berbahasa Inggris Dengan Lama Studi. Jurnal Pendidikan.
Efendi, dkk. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Ditinjau Dari Tingkat Kreativitas Siswa. Jurnal Pendidikan. Vol. 2
Erin, A. F. (2107). Hubungan Konsep Diri dengan Penerimaan Diri Siswa Kelas VII SMPN 3 Bandung Tulungagung. Jurnal Keperawatan.
Gita, Z. S. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsep Diri Remaja di SMPN 13 Yogyakarta. Jurnal Keperawatan, 1-38.
Liauwrencia. (2014). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Konsep Diri Siswa kelas XII IPA SMA Dharma Putra Tangerang. Jurnal Noetic Psychology, 42-80.
Naike. (2017). Hubungan Harga Diri Dengan Prestasi Belajar Di Kelas VII SMPN 2 Batusangkar. IAIN Batusangkar.
Noerlina, A. (2019). Pengaruh Konsep Diri Dan Sikap Belajar Terhadap kemampuan Berbahasa Inggris Siswa SMP Swasta. Jurnal Inovasi pendidikan. Vol. 3 No. 1.
Novia, W. (2014). Dinamika Konsep Diri pada Remaja Perempuan Pembaca Teenlit. Jurnal Psikologi.
Pambudi & Wijayati. (2011). Hubungan Konsep Diri Dengan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Keperawatan, 149-156.
Pratiwi, W. W. (2017). Konsep Diri (Self Concept) dan Komunikasi Interpersonal dalam Pendampingan pada Siswa SMP se Kota Yogyakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi.
Saragih. Rosita & Rumapea, Natalina. (2013). Hubungan karakteristik perawat dengan tingkat kepatuhan perawat melakukan cuci tangan di Rumah Sakit Columbia Asia Medan. Jurnal Keperawatan
Published
2021-04-30